Kawat gigi cekat vs kawat gigi lepasan :)

Berkawat gigi merupakan cara untuk memperbaiki keadaan gigi geligi yang tidak teratur. Sebelum menentukan untuk berkawat gigi , seseorang perlu mempertimbangkan beberapa hal. Selain membutuhkan budget yang tidak sedikit , kita harus mempertimbangkan kapan waktu perawatan dan tentu saja estetika selama pemakaian kawat gigi. Bagi sekelompok orang kawat gigi mengurangi percaya diri , namun banyak pula yang mengatakan bahwa berkawat gigi menjadi bagian dari gaya hidup. Namun diluar pertimbangan tersebut berkawat gigi akan membuahkan hasil yang meningkatkan rasa percaya diri karena keadaan gigi menjadi lebih sempurna dan itu berpengaruh pada tekstur muka yang mengikuti perubahan lengkung dan bentuk rahangnya.

Pada akhir dekade ini berkembanglah metode perawatan kawat gigi yang terdiri dari kawat gigi yang bisa lepas dan kawat gigi cekat. Bidang yang mencakkup perawatan gigi adalah ortodonti dengan dokter gigi spesialis onrodontinya. Di Eropa pemakaian kawat gigi lepasan masih sangat disukai dan berkembang dengan modifikasi klamer aktif lebih modern , namun dibeberapa negara metode kawat gigi lepasan ini telah ditinggalkan dan orang-orang beralih pada kawat gigi cekat.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dari 2 macam kawat gigi ini , baik fisik maupun keuntungan dan kerugiannya , sehingga dapat menjadi pertimbangan jika ingin memulai berkawat gigi.

Menurut observasi saya :

KAWAT GIGI LEPASAN (REMOVABLE APPLIANCE) adalah kawat gigi yang bisa dilepas pasang oleh pasien dan bentuknya terdiri dari langit-langit (palatal) dan bagian rahang bawah (lingual) yang memuat klamer aktif untuk menggerakkan gigi geligi. Kawat gigi ini terbuat dari acrylic untuk base platenya dan stainless stell untuk klamer aktifnya dan kadang ada skrup yang dipasang pada plat ekspansi untuk melebarkan rahang. Ini efektif lho pada anak-anak dalam masa persiapan pertumbuhan gigi tetap untuk mencari ruangan atau mempertahankan ruang untuk tumbuh gigi permanennya. Jika sering dilepas maka gigi yang sudah bergerak cenderung kembali seperti semula. Estetikannya juga bisa diatur karena bisa dilepas jika sewaktu-waktu diperlukan.Kebersihan mullut lebih terkontrol karena alat tersebut bisa dilepas pasang dan dibersihkan diluar mulut. Sering terjadi kegagalan perawatan karena pemakaian tidak teratur dari pasien dan tidak jarang pasien berpindah berkawat gigi dengan kawat gigi cekat. Biasanya gigi kawat lepas ini dipakai sebagai alat retensi setelah pemakaian gigi cekat.

Sedangkan ,

KAWAT GIGI CEKAT (FIX APPLIANCE) merupakan kawat gigi yang terbuat dari logam yang berwujud kotak-kotak kecil yang menempel pada gigi geligi dan kawat lengkung gigi. Kawat gigi cekat biasanya digunakan pada fase gigi permanen. Komponen pendukung lain yaitu karet statis yang menempel pada tiap braket yang tampilannya verwarna-warni. Karet untuk aktivasi disukai karena terdiri dari warna-warna dan bentuk yang menarik. Kawat gigi dengan braket logam mempunyai kekuatan yang baik sehingga efektif menggerakkan gigi dari kasus ringan sampai berat. Kawat gigi dengan braket transparan mempunyai estetika yang lebih baik yang dapat terbuat dari porselin , komposit , dan plastis. Ini juga perlu ekstra bersih menjaga kesehatan dan kebersihan mulut karena kawat gigi cekat merupakan tempat yang mudah untuk menjadi retensi makanan. Harganya sih lumayan mahal tetapi hasilnya sangat memuaskan.

Dari beberapa perbandingan antara 2 golongan kawat gigi jelaslah bahwa gigi cekat mempunyai banyak kelebihan. Segala kasus yang tidak melibatkan tulabg yang berat dapat teratasi dengan memakai kawat gigi cekat. Namun pemakaian kawat gigi lepasan tidak harus ditinggalkan begitu saja karena masih dapat mentolerir kasus-kasus tertentu sehingga masih bisa diaplikasikan untuk kasus ontodonti ringan.

Apakah teman-teman berminat untuk mempercantik diri? Perhatikan darii pertimbangan itu tadi , jangan salah pilih ya teman-teman. Aku tahu hal-hal ini setelah wawancara dengan dokter gigi. Jadi ya sumber terpercaya.

<3 selamat berkawat gigi dan mendapatkan senyum cantik yang cemerlang <3


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

1 komentar:



Unknown said...

Saya baru saja pasang kawat gigi lepasan dari teman saya yg lagi koass..kasus saya gigi bagian atas agak maju dan memiliki banyak celah..jika saya rajin memakai kawat ini apakah efektif mba?